Memuat...

Akhirnya, Saya tidak mudik lebaran

Akhirnya, Saya tidak mudik lebaran

Sayawrt.com – Hei, sudah mau lebaran aja nih, lebaran tahun 1439H. tapi gak kerasa juga yah. 29 hari sudah kita lalui. Apa sih pencapaian terbesar kamu padaramadhan tahun ini? Ngaji kah? Khatamin Al-Qur’an kah?.. so, pasti semua ada pencapaian terbesar dong. Apalagi buat anak pesantren, banyak banget pencapaian yang harus dicapai. Salah satunya yang paling dicari itu malam lailatul qadar. Yupss.. malam yang tidak bisa ditebak dan kita hanya tahu dari tanggal ganjilnya aja.

Oke, tapi bahasan Saya disini bukan itu kok, tapi soal mudik. Kenapa sih lebaran harus mudik? Hehe, kalo Saya bilang lebaran gak harus mudik pasti banyak yang kontra nih. Makannya Saya kasih sedikit cerita aja ya. Lebaran di pesantren identik dengan kebersamaan dan kekompakan. Biasanya ada program khusus yang harus diikuti oleh santri senior yaitu mengikuti berbagai kegiatan sampai lebaran di pesantren, jadi santri senior ini harus menetap di pesantren sampai beberapa hari syawal, dan pulang ke rumah.

Tapi bukan itu juga yang mau Saya bahas, hehe.. terus apa dong. Kok bukan itu terus ya. Jadi, lebaran itu identik dengan mudik atau pulang kampung. Nah, bukan Cuma mudik aja tapi sebagai waktu liburan juga, pernah gak sih kita berpikir kenapa hari raya idul fitri itu jadi hari raya libur paling panjang diantara hari raya yang lain.

Saya sendiri merayakan lebaran di rumah itu tidak sering, paling selang-seling lebaran di bandung dan bogor. Karena untuk keluarga Saya lebaran tidak harus berkumpul saat itu juga, jadi tidak sakral banget seperti yang lain, tahun ini saja Saya lebaran di bogor dan tidak pulang kampung.

Jadi kamu tipe yang mana nih, apakah lebaran pulang kampung atau jarang pulang kampung?, Saya rasa pasti kamu yang pulang kampung ya. Tapi berbeda kondisi antara pekerja dan mahasiswa. Kalau mahasiswa mungkin sejauh mungkin perantauan pasti pulang kampung juga, karena gak mungkin sendiri di kota lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *