Memuat...

Bagaimana cara Menabung yang efektif dan efisien

Bagaimana cara Menabung yang efektif dan efisien

Sayawrt.com – menepati janji Saya diartikel sebelumnya, bisa Kamu baca disini. yaitu Bagaimana Cara Remaja Menabung di Zaman Sekarang?. tentu bukan hanya cara menabung saja yang akan Saya bagikan, di artikel Bagaimana cara Menabung yang efektif dan efisien juga disertai dengan tips yang menarik agar Kamu semakin mudah untuk bisa berhemat.

Menabung itu memang bisa diniatkan dengan mudah, namun tidak semudah melaksanakannya. kenapa? karena Kita selalu mudah tergoda dengan hal belanja, yang berbau diskon. atau jika ada barang yang sudah lama Kita ingin beli, dan kebetulan harganya sedang diskon. maka kadang Kita tidak segan untuk membelinya. bukan begitu? dan tentu untuk menabung yang efektif diperlukan perencanaan yang matang.

menabung dengan tujuan tertentu atau ada keinginan tertentu lebih sulit dilakukan daripada menabung tanpa tujuan. karena pikiran Kita selalu menganggap enteng hal-hal yang sudah direncanakan.

Nah, tips-tips dibawah ini akan membantu Kamu yang susah banget buat nabung dan bisa 70% sukses nabung, asal dipraktikan jangan hanya dibaca, oke.

Membeli Sesuai Prioritas

sering terjadi kepada diri sendiri, yaitu keadaan dimana Kita sulit mengendalikan pengeluaran uang, akhirnya tidak sadar bahwa barang yang Kita beli sudah banyak dan baru berpikir bahwa itu sia-sia dan ujungnya mudah ditebak ya, mubazir. karena tidak semua keinginan itu harus terpenuhi. terlebih keinginan untuk membeli barang, kalau beli makanan sih masih oke ya karena masih bisa dihabiskan.

Catat Pengeluaran Keuangan

hal ini sulit dan jarang dilakukan oleh pria, namun wanita juga tidak sedikit yang tidak mencatat pengeluaran keuangan. memang tidak terlalu signifikan tapi dengan mencatat pengeluaran akan memberikan informasi yang terstruktur untuk diri sendiri berapa uang masuk dan keluar, serta untuk kebutuhan apa saja, maka dari situ Kita bisa mencoret kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu dibeli.

Gunakan Sistem Autodebit

dengan sistem autodebit pada rekening maka Kita akan otomatis menyisihkan uang untuk ditabung, hal ini sangat membantu jika memang Kamu ingin serius menabung. karena dengan sistem autodebit juga akan memaksa Kita untuk menabung. secara berkala dengan nominal yang sudah ditetapkan diawal.

Menabung Setelah gajian

kalau Kamu sudah punya gaji bulanan lancar, jangan lupa juga buat simpan sebagian uang Kamu, poin ini sama dengan poin 3 diatas. dengan menggunakan sistem autodebit maka Kamu bisa menabung dengan otomatis pada saat gajian atau setelah gajian.

Simpan uang kecil

nah, biasanya kalau Kamu cari uang recehan buat beli bubur ayam atau bayar parkir, mulai sekarang uang receh itu sebaiknya Kamu tabung juda deh. tau dong pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, ya itu betul. tidak akan ada uang Rp. 1.000.000 jika tidak ada nilai Rp. 1. karena Rp. 1-nya banyak maka jadilah Rp. 1.000.000, betul kan. mulai sekarang harus hargai uang yang kecil.

Buat anggaran pengeluaran

jadi ceritanya Kamu sudah gajian dan sudah autodebit untuk tabungan. nah sisanya jangan Kamu belanjakan dulu. Kamu bisa coba untuk membuat anggarannya untuk keperluan apa, penting atau tidak dan sebagainya. biasanya sih jika tanpa anggaran akan banyak sekali daftar yang mau Kita beli, tapi setelah Kita cek. ternyata hanya butuh beberapa saja untuk dibeli. jadi coba deh, catat keperluan Kamu selama 1 minggu. butuh apa aja sih, seperti minyak wangi, jajan, ataupun stok makanan buat Kamu yang ngekost. ini sangat membantu.

Jika sedang keluar, bawalah sedikit uang tunai

percaya atau tidak, jika Saya sedang keluar dengan membawa banyak uang biasanya Saya lebih tergoda untuk membeli ini dan itu. cara antisipasinya adalah tentu dengan membawa sedikit uang tunai. karena pada dasarnya disaat Kita sedang tidak ada uang dan betul-betul tidak pegang uang maka keinginan belanja apapun akan sirna, begitu juga sebaliknya. entah kenapa, mungkin ini adalah efek psikologis selembar kertas terhadap pikiran alam bawah sadar manusia.

memisahkan fungsi uang

Kamu baru saja gajian, dan sudah banyak kebutuhan untuk dipenuhi namun masih kurang. caranya, Kamu pisahkan dulu uang itu sesuai fungsinya. misalkan untuk cicil SPP kuliah, Cicil HP, Cicil barang elektronik, dan tagihan listrik. jadi dengan mengalokasikan diawal sesuai fungsi uangnya maka akan dengan mudah mengaturnya. jangan lupa juga untuk sedekah.

pisahkan rekening bank

ada berapa banyak rekening yang Kamu miliki?, sejauh ini Saya memiliki 4 rekening di bank berbeda. dan itupun Saya ingin menutupnya disalah satu bank karena jarang dan hampir tidak pernah Saya gunakan. memisahkan rekening bank untuk menabung dan kebutuhan sehari-hari itu perlu. karena uang yang Kamu tabung tidak akan bercampur dengan uang keperluan sehari-hari. namun pastikan juga tangan Kamu tidak gatal untuk menarik uangnya. kalau perlu tidak dibuatkan ATM agar malas mengambilnya.

ikuti Arisan

sekarang ini arisan sudah menjadi hal lumrah untuk kaum bapak-bapak. jadi buat Kamu kaum lelaki tidak perlu malu ikut arisan, kalau perlu Kamu bisa buat sendiri grup arisan khusus laki-laki dikantor tempat bekerja. ketika Kamu ikut arisan dan keluar namamu yang menang, Kamu akan berpikir bahwa uang Kamu berlipat ganda, padahal tidak. itu adalah uang setiap bulan yang Kamu sisihkan untuk arisan.

Nah, itu dia tipsnya

Bagaimana, dengan 10 tips diatas yang Saya bagikan. apakah Kamu sudah siap untuk menabung dan berhemat? tentu harus siap dong. oke, sekarang Kamu sudah tahu tips-tipsnya, tapi bagaimana sih cara menabung yang efektif itu. karena jika Kita menabung di bank tidak akan membuat tabungan Kita bertambah disebabkan nilai mata uang yang naik turun dan rupiah yang melemah. ditambah dengan adanya kenaikan barang dan inflasi maka menabung di bank tidak seefisien yang Kita pikirkan.

Cara Menabung yang Benar?

ada beberapa cara menabung yang efektif dan tidak harus berhubungan dengan menabung di Bank, yaitu investasi. karena investasi bisa mengalahkan inflasi dengan cara menjaga nilai mata uang yang kini Kita miliki. dan hasil investasi pun tentu lebih menguntungkan.

Berikut cara menabung yang efektif

  • Tanam Saham sebagai investasi

menanam saham memang masih belum terlalu umum untuk Kita, bahkan mendengarnya pun masih asing dan masih bertanya, apa itu saham? padahal sekarang ini sedang gencarnya untuk menanam saham dengan gerakan Yuk Nanam Saham (YNS).

dengan modal Rp. 100.000 saja Kita sudah bisa menanam saham. cara membuka rekening saham pun mudah karena sudah banyak infonya di google, yang pasti Kita datangi saja bank yang menyediakan jual-beli saham untuk kemudian Kita buka rekening saham. untuk lebih jelasnya, Kamu bisa search infonya di google ya. karena akan panjang jika dibahas disini.

  • Tanam Reksa Dana

mungkin Kita pernah mendengar istilah ini, namun masih belum terlalu familiar. Reksa dana adalah semacam investasi jangka panjang yang bisa menguntungkan. ada beberapa jenis reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran antara saham, obligasi dan deposito.

untuk lebih jelasnya tentang reksa dana, silakan klik link ini

  • Menabung Emas

emas adalah logam mulia yang istimewa, bayangkan saja. dari tahun ke tahun harga emas tidak pernah turun, bahkan selalu naik dan naik. Emas pun tidak terpengaruh oleh inflasi. tentu hal ini sangat menguntungkan sekali, jika sekarang harga emas 1gr saja sudah lebih dari Rp. 500.000. maka bagaimana jika Kita punya 2gr, 3gr, atau banyak. tentu sangat untung sekali.

dan sekarang sudah banyak yang melayani untuk menabung Emas, salah satunya adalah Pegadaian. dengan syarat yang mudah Kamu bisa menabung emas dari sekarang.

nah itu dia cara menabung yang efektif selain menabung di Bank. tentu diawal memang akan terasa sulit, namun jika Kita serius ingin menabung dalam bentuk saham, reksa dana atau tabungan Emas. tentu itu semua bisa dipelajari terlebih dahulu. karena dengan kemudahan teknologi digital maka semua itu pun bisa anda lakukan hanya dengan smartphone saja.

kesimpulan

menabung di bank dengan menyimpan uang di rekening bukanlah hal tepat, karena nilai mata uang yang akan tergerus inflasi, karena posisi dollar amerika sebagai mata uang rujukan internasional maka seluruh negara pun otomatis mengikutinya. apalagi rupiah yang selalu melemah terhadap dollar.

artikel ini disertai referensi :
https://blog.sittakarina.com
https://www.hipwee.com/
https://www.finansialku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *