loading...

Jaga Akun Sosial Media Kamu sekarang!

Jaga Akun Sosial Media Kamu sekarang!

SayaWRT.com – Pagi hari ketika hendak beraktifitas, Saya membuka Smartphone dan membaca pesan WhatsApp dari seseorang. Saya sudah biasa menangani seperti ini, namun sepertinya Dia sangat terkejut. Jadi, yang Dia katakan adalah bahwa Dia baru saja mendapat telepon dari seseorang yang baru saja mengaku dari pihak E-Commerce di Indonesia.

Tujuan menelepon hanya untuk memberitahu bahwa Dia baru saja mendapatkan hadiah dari E-Commerce tersebut dan menanyakan kepada teman Saya. Apakah ada kode verifikasi yang masuk, ternyata teman Saya jawab tidak ada. Karena Dia tidak memiliki account E-Commerce tesebut. Namun yang menelepon tersebut berusaha meyakinkan jika teman Saya ini menerima hadiah. Tentu teman Saya masih ngotot dan bilang, bahwa Dia tidak pernah sama sekali daftar account di E-Commerce tersebut.

Selanjutnya, Dia mulai diminta kode verifikasi yang dikirim melalui WhatsApp. Ternyata, tidak hanya account E-Commerce saja yang Dia minta. Namun menyasar ke account yang lain. Dan tanpa sepengetahuan lebih teman Saya dengan polosnya memberitahu kode verifikasi tersebut kepada yang menelepon. Dan apa yang terjadi?

Yang, tiba-tiba account WhatsApp teman Saya jadi tidak bisa dibuka. Karena nomor WhatsApp sudah dipindahkan ke pelaku. Namun, untung saja teman Saya ini memasang autentikasi dua langkah. Dimana setelah login akan ada kode yang datang melalui sms lagi. Untung saja masih selamat.

Ketika Saya cek account E-Commerce yang tadi diminta, ternyata nomornya sudah dipakai untuk mendaftar. Dan belum ditindak lebih lanjut. Akhirnya. Saya katakan bahwa semua masih aman.

Kemudian Saya minta saja semua account yang Dia miliki untuk segera dikirimkan. Agar Saya bisa pasang autentikasi dua langkah, dengan alasan agar lebih aman lagi.

Dari kejadian tersebut, Saya menyimpulkan bahwa seaman apapun keamanan yang dibuat, jika memang kita sebagai pengguna belum mengenal lebih jauh apa yang kita pakai artinya kita masih belum memahami dengan syarat dan kebijakan dari aplikasi yang kita gunakan. Jadi jangan hanya menceklis setuju saja. Karena tentu itu adalah kesalahan kita.

Social media di zaman sekarang ini sudah dilengkapi dengan banyak keamanan yang diterapkan, mulai dari autentikasi dua langkah, sms verifikasi, email verifikasi, bahkan sampai verifikasi tiga langkah pun ada.

Jadi kita sebagai User, sebelumnya memang harus sedikit memahami itu. Berikutnya Saya akan membuat langkah untuk mengaktifkan autentikasi dua langkah dengan bantuan Google Authenticator.

Apa itu Google Authenticator?

Saya sudah lama memakai Google Authenticator sebagai cara untuk menjaga semua account dari aktifitas login yang tidak sah. Semua account Saya, sudah terpasang Google Authenticator sebagai cara untuk login. Jadi untuk cara lebih jelasnya akan Saya buatkan artikel baru khusus untuk mengulas bagaimana cara menggunakan Google Authenticator sebagai pelindung account social media, bahkan semua account yang sudah mendukung fitur ini bisa mengaktifkannya.

Saya akan tulis kelebihan dan kekurangannya, sehingga Kamu pun tidak asal pakai kemudian menyalahkan tulisan Saya. Tentu Saya tidak mau disalahkan karena kesalahan Kamu, Upss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *