Memuat...

Kenapa Saya memilih WordPress dan apa alasannya

Kenapa Saya memilih WordPress dan apa alasannya

SayaWRT.com – niat Saya ingin pindah hosting blog ke WordPress sudah tercapai, sekarang Saya sedang merasakan fase luar biasa. Saya berpikir kenapa tidak dari dulu menggunakan Platform WordPress. tapi, tidak mengapa. ini adalah awal yang baru. karena Saya sedang membangun brand SayaWRT di lingkungan sekitar.

kenapa Saya pindah hosting ngeblog. dan kenapa Saya ingin menggunakan WordPress? tentu tidak asing lagi jawabannya. dan pernah Saya jawab di artikel sebelumnya yang berjudul Akhirnya, SayaWRT pindah rumah ke WordPress

tentu seorang Blogger yang masih newbie, Platform Blogger sudah cukup bahkan akan terasa istimewa, namun karena Saya sudah ngeblog menggunakan Platform Blogger hampir 7 tahun, Saya pikir Saya sudah bosan dan jenuh dengan Platform Blogger. ditambah lagi dengan grup facebook. yang mana Saya bergabung dengan grup facebook WordPress Indonesia. jadi Saya pun selalu update tentang WordPress, luar biasa.

alasan Saya pindah platform ngeblog ke WordPress sekaligus menggunakan self-host karena Saya ingin mencoba sesuatu yang menurut Saya tidak ada di Blogger dan itu menjadi kelebihan yang dimiliki WordPress. apa saja itu?

Inilah kelebihan WordPress yang membuat Saya tertarik untuk menggunakannya.

1. Bebas Memilih domain apapun

sudah tentu, karena WordPresssh menggunakan hosting sendiri juga, jadi sudah pasti akan menggunakan domain apapun yang kamu punya. memang sih Blogger juga bisa memakai domain apapun. namun, itu hanya dipasangkan saja. jika menggunakan WordPress maka paket hosting dan domain sudah tergabung didalamnya, jadi akan lebih mudah memanage sekaligus mengatur pembayaran berulang. tapi bisa juga kok memakai domain dari luar seperti di namecheap, namesilo, dan sebagainya.

2. WordPress lebih SEO friendly

awalnya Saya mengira jika Blogger lah yang menang atas SEO ini, dengan alasan karena Blogger langsung berinduk dengan google. namun Saya salah, karena Saya tidak mengetahui secara detail jika WordPress ini bisa menggunakan plugin yang powerfull. sebut saja plugin Yoast SEO, All in One pack SEO, dan lainnya. dan juga WordPress bisa diatur dengan berbagai macam plugin yang mendukung SEO, seperti kecepatan website, caching, sampai fitur apapun itu bisa menggunakan plugin.

berbeda dengan Blogger yang mana fitur ini hanya terbatas dan Saya pikir tidak ada. karena fitur Widget yang dimiliki Blogger sangat terbatas, walaupun ada itupun hanya sebatas fitur dari Blogger itu sendiri. untuk bisa kita memasang breadcrumbs, template dengan struktur SEO, atau mengubah sesuatu. kita harus masuk dan mengedit kodenya secara manual. dan disisi lain WordPress lebih unggul karena menggunakan PHP, sedangkan Blogger masih struktur XML.

3. WordPress adalah CMS terbaik saat ini

betul, WordPress adalah salah satu platform yang saat ini merajai CMS. bagaimana tidak? saat ini banyak situs besar yang menggunakan plWordPress ini, bahkan website resmi gedung putih saja menggunakan WordPress yang dari awalnya menggunakan drupal. selanjutnya halaman fans dari para artis pun rata-rata menggunakan WordPress. dan Blogger asal australia ProBlogger.net yang sudah sukses menghasilkan puluhan ribu dollar juga menggunakan WordPress.

jadi tentu, WordPress itu adalah salah satu CMS yang sangat luar biasa. jadi buat kamu nih yang mau migrasi dari Blogger ke WordPress bisa langsung dari sekarang. karena banyak sekali keunggulan WordPress ini.

4. WordPress sangat mudah digunakan

dulu bagi Saya, WordPress itu sangat ribet dan harus setting ini dan itu. dan memang pernah Saya menggunakan WordPress mungkin 5 tahun ke belakang dengan WordPress.com, karena pada saat itu Saya hanya ingin mencoba saja dan mengetahui apa saja fiturnya. mungkin karena pikiran Saya yang masih terbatas dan masih mentok hanya bisa menggunakan Blogger, akhirnya Saya nyatakan bahwa WordPress itu ribet.

namun itu Saya dulu, karena Saya tipe orang yang penasaran jika belum berhasil maka Saya coba buat lagi dan dipelajari dari awal. ternyata Saya hanya butuh waktu 1 harian untuk memahami WordPress ini, dengan syarat bahwa kamu sudah paham dengan tampilan Blogger, jadi tidak bingung lagi harus atur ini dan itu di mana.

dan benar, bahwa apa yang dikatakan oleh Blogger lain bahwa WordPress itu lebih mudah, Saya sekarang menjawab “ya”.

5. WordPress adalah Open Source dan terus dikembangkan

WordPress memiliki komunitas yang sangat besar, dan saat ini tim WordPress sendiri selalu mengembangkan dan mengupdate ke versi terbaru, ketika Saya pakai WordPress masih 2 bulan pun Saya sudah mendapatkan update WordPress ini sudah dua (2) kali. jadi tentu WordPress ini akan selalu aman, karena dengan adanya update akan menutup bug yang sebelumnya ada.

dan dilengkapi pula dengan plugin keamanan yang canggih, sehingga aksi-aksi yang dilakukan oleh cracker akan bisa terhalang. bahkan Saya pun menggunakan plugin keamanan di blog ini. karena masalah keamanan tadi, dan lebih baik mencegah daripada mengobati, betul kan?

6. WordPress menggunakan hosting dan bisa dipindah

dan ini adalah keunggulan lainnya. dan sengaja Saya sisipkan diurutan paling bawah, kenapa? karena jika suatu saat website atau blog kita sudah besar, dan sudah kebanjiran trafik dengan ratusan ribu per hari. maka tentu dong hosting yang biasa saja tidak cukup untuk menampung itu semua. malah yang teradi akan down dan maintenance.

jadi solusi yang diberikan adalah, kamu bisa memindahkan hosting WordPress kamu ke hosting lain dengan spesifikasi yang lebih tinggi, atau jika di hosting kamu ada paket yang lebih tinggi, kamu bisa langsung upgrade ke paket yang paling tinggi atau yang menurut kamu cukup untuk melayani ratusan pengunjung perhari.

Gimana? luar biasa kan WordPress ini. pasti setelah kamu baca ulasan Saya diatas kamu akan makin tertarik buat migrasi ke WordPress nih, ayo Saya tunggu. ya.

dan semua itu tergantung dari pilihan pribadi kamu sendiri, jika kamu memang masih mencoba dan masih ingin mengasah kemampuan menulis untuk nanti menjadi seorang Blogger, maka cukuplah dengan menggunakan plbg yang gratis dulu.

karena jika memakai WordPress untuk belajar dari awal rasanya akan berat, terutama buat kamu anak sekolah, kecuali jika kamu rajin nabung sih, oh iya ada tips nabung nih buat kamu diartikel Saya yang berjudul Bagaimana cara Menabung yang efektif dan efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *