Memuat...

Komputer Kantor Tersambar Petir, ini yang terjadi…

Komputer Kantor Tersambar Petir, ini yang terjadi…

Sayawrt.com – baru saja Saya mengalami kemalangan, bukan kemalangan nasib. tapi kemalangan karena komputer yang biasa Saya pakai untuk kerja di kantor terkena dampak petir. setelah waktu ashar Saya masih di kantor dan cuaca pada saat itu sedang hujan deras, kemudian ada suara sambaran petir yang sangat keras dan langsung pada saat itu kantor mati lampu gelap-gulita. padahal yang kena petir hanya jaringan internet. namun merambat sampai 1 gedung koneksi internetnya mati pada saat itu, sekaligus listrik padam.

biasanya ketika Saya di kantor dan sedang turun hujan, suara hujan terdengar kecil walaupun di luar sedang hujan deras. setiap hujan selalu seperti itu. namun ketika petir pada saat itu menyambar dan merusak VGA dan LAN. Saya tidak menyangka bisa separah itu. efeknya adalah, 1 layar monitor mati (VGA rusak) karena Saya memakai 2 monitor untuk bekerja, dan 1 port LAN rusak, untung masih ada cadangan port LAN lain sebagai gantinya.

Saya sudah tahu dan paham, jika kondisi sedang hujan dan ada petir, perangkat komputer dan internet lebih rawan terkena dampaknya, namun karena dari pengalaman Saya, selama menyalakan komputer di kantor masih aman-aman saja. dan akhirnya Saya lanjutkan bekerja, kebetulan pada saat itu memang Saya sedang menyelesaikan scan sertifikat kelas XII untuk keperluan daftar kuliah, dan itu banyak sekali. niat hati ingin cepat selesai, eh. kok buntu dijalan. bisa saja dengan keadaan seperti sekarang Saya bekerja, namun karena Saya sudah terbiasa dengan tampilan 2 monitor maka perlu waktu untuk Saya membiasakan mata yang melihat ke kanan-kiri.

terasa juga setelah kejadian itu waktu kerja Saya menjadi bertambah, biasanya 2 monitor Saya gunakan untuk layar ke-1 kiri untuk explorer dan pekerjaan dan layar ke-2 kanan untuk buka Chrome dan WhatsApp serta lainnya. serta untuk copy paste file pun mudah jika sedang membuka 2 file karena tidak harus pindah tab, tinggal pindah layar saja.

ya, mungkin untuk kedepan lagi dengan cuaca hujan dan petir Saya akan lebih berhati-hati dan waspada. walaupun pekerjaan deadline, tetap Saya pilih jaga-jaga saja. karena imbasnya terhadap pekerjaan dan perasaan (sedih dan meratapi PC, hihi..)

tapi beruntungnya adalah. untung saja tidak terkena power dan harddisk, karena jika terkena dua perangkat keras itu maka akan fatal akibatnya, dokumen pekerjaan Saya pasti rusak bahkan hilang. dan lebih buruknya lagi semua tidak ada cadangannya (backup). bayangkan saja jika semua itu terjadi, dan mungkin sekarang Saya akan membuat ulang semua data surat-menyurat, desain dan lainnya. apalagi kegiatan dan agenda di semester 2 ini padat sekali dengan adanya UAMBN-BK dan UNBK. oh iya, CPU yang Saya pakai juga sebetulnya adalah untuk server cadangan UNBK, namun karena pekerjaan Saya terkadang berhubungan dengan desain dan software yang membutuhkan kinerja lebih, Saya dipersilakan untuk menggunakan CPU tersebut.

nah buat kamu yang belum pernah mengalami hal seperti Saya, lebih baik kamu jaga-jaga deh, hujan dan petir itu adalah gejala alam sehebat-hebatnya penangkal petir kalau lagi apes pasti kena juga kan, hihi.. namun yang Saya heran juga, adalah warnet yang selalu standby walaupun hujan petir sedang terjadi. kok jarang sekali bahkan hampir tidak pernah Saya mendengar warnet yang rusak karena disambar petir. padahal warnet biasanya tidak pernah pasang penangkal petir. ini menjadi pertanyaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *