loading...

Mengikuti Kegiatan KML Online Pusdiklatcab Gunungsari Kota Surabaya

Mengikuti Kegiatan KML Online Pusdiklatcab Gunungsari Kota Surabaya

SayaWRT.com – sudah lama sekali Saya tidak ikut kegiatan pramuka, perasaan rindu dengan kegiatan pada saat itu Kembali muncul. Maklum saja, dengan kegiatan pekerjaan saat ini tidak memungkinkan untuk bisa aktif Kembali dan berkecimpung dengan pramuka. Namun setiap tahun Saya selalu berkontribusi pada kegiatan JOTA-JOTI dengan menjadi chan-op di #Indonesian bersama dengan Kak Ardiansatovic, hemm buat yang anak pramuka pasti tau dong.

Oke, Kembali ke judul. Jadi pada pertengahan November kemarin. Saya lihat ada poster kegiatan KML Online di facebook dan tentu Saya sangat tertarik karena pada tahun 2015 Saya juga mengikuti KMD di Institut Pertanian Bogor. Jadi, dengan KML ini Saya bisa memfokuskan tujuan ingin menjadi pembina golongan apa?.

Dan buat yang anak pramuka banget, pasti pengen juga kan ikut KMD dan KML, jadi pramuka bukan hanya sekadar ikut-ikutan saja dan jujur lho, pramuka yang Cuma ikut-ikutan itu gak keren dan beda rasanya.

Ternyata, KML Online ini diadakan oleh Universitas W.R Supratman bekerjasama dengan Pusdiklatcab Kota Surabaya, memang agak jauh dan pasti ini akan full online. Jadi Saya tetap berniat mengikutinya, walaupun agak sedih yak arena harus online. Karena kegiatan pramuka seperti ini memang lebih enak offline dan banyak sekali kegiatan menarik yang tidak bisa dilaksanakan secara bersama.

KML Online ini dilaksanakan dari tanggal 21-22 November (kegiatan daring), 28-29 November (kegiatan luring) dan 5-6 Desember (kegiatan daring dan penutupan). Jadi memang dibagi menjadi 3 pekan berturut-turut dengan media kegiatan melalui aplikasi Zoom, Whatsapp Grup dan Google Classroom.

Selama pelaksanaan dari pekan pertama, euforia yang dirasakan dibenak ini sangat sama dan mirip dengan kegiatan offline. Walaupun mungkin kita akan tertawa sendiri, bernyanyi sendiri dan melakukan sendiri didepan monitor. Tapi jujur, ini sangat asyik bahkan bisa sekaligus menghibur diri sendiri.

Para pelatih yang ikut berkontribusi juga luar biasa keren, karena ada Kak Ganet yang pernah menjadi Kapusdiklatnas yang ikut mengisi materi pada KML Online ini. Owh iya walaupun kegiatan ini online tapi tetap jam kursus serta Latihan keterampilan tetap mengikuti seperti kegiatan offline sehingga Kami yang sudah dibuat menjadi beberapa kelompok harus ekstra Kerjasama untuk menyelesaikan semua tugas yang dibatasi waktu.

Untuk tugas sendiri lebih banyak dengan animasi video tentang Gerakan Pramuka dan Kepramukaan, serta tugas Word dan PPT pada umumnya.

Total peserta untuk semua golongan (penggalang dan penegak) mencapai 276 orang dan Kami dibagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil sehingga dibuat sama dengan dinamika kelompok pada umumnya.

Dan itulah cerita Saya mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjut di Pusdiklatcab Kota Surabaya, pengalaman dan pengetahuan yang didapat sangat berkesan dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *