Memuat...

Pengalaman Bikin NPWP Online

Pengalaman Bikin NPWP Online

SayaWRT.com – apakah Kamu sudah memiliki NPWP? jika belum segeralah untuk membuat NPWP, karena dengan Kamu memiliki NPWP semua urusan administrasi yang berhubungan dengan bank akan semakin mudah dan dilancarkan, tidak hanya bank juga kok. jika Kamu ingin mengajukan kredit barang maka dengan adanya NPWP akan semakin mudah juga prosesnya. ibaratnya ini hanyalah sebuah syarat saja untuk melakukan semua proses itu. dan NPWP juga diperlukan dalam proses pembuatan rekening saham, atau pembukaan rekening bank baru seperti artikel ini dan ini.

dan disini saya tidak akan membahas secara detil apa itu NPWP dan apa fungsinya, disini Saya hanya menuliskan pengalaman mengajukan NPWP secara online saja.

oke, dan inilah dia pengalaman Saya mengajuakn NPWP secara online setelah gagal berkali-kali karena terkait dengan alamat domisili dan KTP yang belum pindah alamat ke alamat rumah yang baru.

jadi, sudah dari tahun 2017 Saya ingin membuat NPWP, namun pada saat itu kendalanya adalah karena KTP Saya masih menggunakan alamat yang lama sedangkan sudah lebih dari 2 tahun Saya pindah rumah, dan otomatis juga dong pindah alamat, dan otomatis lagi ganti KTP. jadi yang awalnya Saya hanya ingin membuat NPWP saja malah merembet ke masalah lain yang harus Saya selesaikan dulu prosesnya.

berhubung liburan di Pesantren cukup lama, maka segeralah Saya urus semua proses itu. awalnya adalah proses ganti KK, karena untuk ganti KTP maka harus ada KK terbaru dengan alamat sekarang. jadi hari pertama Saya ke kabupaten Bandung untuk proses mengganti KK terlebih dahulu. dan pada hari kedua, Saya pergi ke kabupaten lagi untuk langsung ganti KTP. jadi lumayan ribet prosesnya. kok ribet sih? karena ketika pagi dokumen dimasukan. untuk proses cetak jadinya maka bisa sampai menunggu sampai jam 2 siang. bahkan ketika hari pertama untuk urus KK, Saya samapai jam 5 sore masih dikabupaten.

login setelah dapat NPWP

nah, kebayang dong ribetnya ya. padahal masih urus KK dan KTP. dengan tujuan awal supaya bisa punya NPWP. walaupun menunggu lama, akhirnya KTP Saya jadi juga. dan setelah ada memang ada perasaan tidak sabar itu. karena ingin segera daftar NPWP online. lho kok harus online sih, kenapa?

jadi begini, kantor pajak atau KPP yang terdekat dengan rumah Saya saja membutuhkan hampir 2 jam perjalanan, karena jauh juga dan karena Saya tidak ada kendaraannya juga. walaupun posisi Saya sudah ada di Bandung. namun Saya enggan untuk pergi kesana. jadi Saya putuskan saja untuk mengajukan NPWP secara online. karena jika sudah disetujui maka NPWP akan segera dikirim ke alamat rumah sesuai KTP.

setelah kemarin Saya dapat KTP baru, maka besok sorenya Saya mulai daftar NPWP dengan modal scan KTP saja secara online disitus Ereg Pajak, jangan lupa isi data diri dan alamat dengan benar dan sesuai. sebenarnya proses ini tidak ribet, namun harus hati-hati saja dengan kolom yang diisi. karena bisa jadi untuk Kamu yang baru daftar maka akan sedikit membingungkan.

nah, setelah proses daftar selesai dan sambil menunggu. maka tunggulah kurang lebih 1 hari kerja. dan benar saja, ketika Saya tunggu 1 hari kerja maka Saya dapat email bahwa NPWP yang Saya ajukan disetujui dan akan segera dikirim ke alamat rumah. wah, seneng banget dong. setelah 4x Saya mengajukan ditolak semua baru kali ini disetujui. proses lanjut sampai menunggu, karena liburan sudah usai dan Saya kembali ke Pesantren maka Saya titipkan saja jika sudah sampai tolong untuk dikirimkan ke alamat Pesantren tempat Saya bekerja.

ternyata waku pengiriman reguler dari KPP cukup lama, hampir 2 pekan Saya menunggu baru sampai rumah. segera Saya minta fotokan suratnya, dan seperti ini

dan sekarang dengan adanya NPWP Pribadi, Saya bisa coba untuk membuka rekening investor di Mandiri Sekuritas yang sudah lama sekali Saya ingin buka akun disana, karena Saya tertarik untuk bermain saham. simak terus ceritanya ya.

NPWP dikirim ke rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *