Memuat...

Stop Gunakan Aplikasi Non-Ori pada Smartphone

Stop Gunakan Aplikasi Non-Ori pada Smartphone

Sayawrt.com – halo sobat SayaWRT, membagi hari-hari antara Pekerjaan dan Ngeblog memang agak sedikit membingungkan. namun tetap semua itu bisa berjalan sesuai jika Kita bisa mengatur waktunya. sekarang ini Saya ingin menulis sesuatu tulisan yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Kamu dengar. ya “aplikasi non-ori“.

Tentu Kamu sebagai pengguna Smartphone Android pasti ada yang sudah pernah kan menggunakan aplikasi non-ori ini, atau belum pernah samasekali? yaps bagus kalau begitu Saya sarankan untuk tidak menggunakan aplikasi non-ori deh. bahaya untuk privasi dan Smartphone Android Kamu. mau tahu kenapa? simak terus artikel ini ya.

dulu sekali pada zamannya ketika Android masih di versi Jellybean, KitKat, dan Lollipop. dan pada saat itu pembayaran aplikasi masih belum mendukung via pulsa banyak anak muda terutama anak remaja yang suka ngoprek (istilah Android). ngoprek apa aja sih? ya tentu dengan apa yang Dia suka. misal seperti ro*t atau membuka hak akses sampai yang ekstrem yaitu mengganti Firmware Smartphone itu sendiri.

Jujur, Saya pun pernah ngoprek Android sampai Saya buatkan tutorialnya di Youtube dan ditonton sampai tembus 150.000 penonton. tentu dengan angka sebanyak itu berarti tidak sedikit peminat oprekers. karena mau bagaimana lagi, semua itu karena ada rasa penasaran yang tinggi namun dalam hal negatif.

Ditulisan ini, Saya ingin mengajak Kamu untuk berhenti gunakan aplikasi non-ori pada Smartphone Android Kamu, kasian dong. masa Smartphone yang sudah Kamu beli dijejali aplikasi non-ori semua. lagipula sekarang ini pembayaran via pulsa dan voucher google play sudah mudah digunakan tidak sesulit dulu. dan tentu sekarang dengan harga terjangkau Kamu sudah bisa membeli aplikasi yang Kamu inginkan. atau bisa kamu baca juga Beli Voucher Google Play Pakai LinkAja

kenapa dan apa efek dari menggunakan aplikasi non-ori di Android? banyak sekali efeknya dan terutama untuk Smartphone Kamu. karena Saya pernah dimintai tolong seorang teman di Jakarta. bahwa Smartphone yang Dia gunakan mendadak error dan muncul banyak sekali iklan. hemm, Saya mulai curiga dan biasanya ini pasti ada penyebabnya secara tidak sengaja. Saya tanyakan kenapa? apa yang Dia katakan membuat Saya terkejut dan langsung segera memberikan opsi pilihan kepada teman Saya.

penyebabnya adalah karena Dia baru saja memasang aplikasi untuk menemukan jaringan Wifi yang bisa ditembus. lantas saja Smartphone nya error dan mendadak banyak sekali iklan, karena ulahnya sendiri. padahal untuk apa juga aplikasi seperti itu. merugikan sekali ya.

Inilah sebab jika Kamu menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Kamu.

  • Kemanan dan privasi tidak baik

Kamu harus hati-hati, aplikasi non-ori tentu dibuat dengan tujuan tertentu dan tidak mungkin memiliki keamanan yang baik. bisa saja pembuat aplikasi non-ori tersebut menyisipkan program jahat yang mengintai keseharian Kamu, atau menyadap kegiatan yang Kamu lakukan di Smartphone Kamu. tentu Kamu tidak ingin itu terjadi kan? jadi stop deh dari sekarang.

  • kinerja Android jadi lambat

ya terkadang ini juga terjadi dibeberapa kasus. walaupun Smartphone yang Kamu miliki memiliki spek yang bagus tapi jika program jahat itu berjalan bisa saja kinerja aplikasi Kamu akan semakin memburuk dan mungkin akan hang dan lag (pengalaman pribadi)

  • Rentan terkena virus

ya, ini paling sering banget dulu Saya alami. zaman dimana Saya dulu senang ngopreks. sampai Saya harus reset ulang ke semula agar virusnya bisa hilang. hemm. memang menyenangkan tapi tidak untuk sekarang.

  • Tidak ada jaminan keamanan

aplikasi non-ori kok mengharapkan keamanan. hemm. mikir!

Nah, sekarang Saya sudah berhenti total dari menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Android, kenapa? tentu selain masalah yang Saya tulis 4 poin Diatas masih banyak lagi alasan Saya berhenti menggunakannya. terhitung sejak bulan Oktober 2018 Saya mulai berhenti menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Saya, karena untuk pekerjaan. jadi harus bekah.

Alasan lainnya adalah…

  • Harus menghargai karya orang lain

Kamu pernah tidak membayangkan aplikasi yang Kamu gunakan itu dibuat berapa lama serta ada berapa kali trial and error? lantas Kamu dengan mudahnya menggunakan aplikasi versi non-ori saja tanpa merasa bersalah. itu menyakitkan sekali untuk sang developer walaupun memang mereka tidak rugi juga Kamu gunakan aplikasi itu. namun tetap, menghargai aplikasi buatan orang lain apalagi aplikasi yang sering sekali Kamu gunakan itu menunjukan sifat dan kepribaDian Kamu sendiri.

di Indonesia sendiri, memang masih kurang dalam pengawasan aplikasi non-ori, namun jika Kamu tinggal di Amerika sana, masalah pemnon-ori itu adalah hal serius dan ada hukuman yang berlaku.

  • Pekerjaan Saya harus berkah

Saya suka edit foto dan membuat desain grafis. namun jika aplikasi yang Saya gunakan untuk membuat semua itu adalah hasil non-ori apakah akan berkah juga hasilnya? coba Kamu pikirkan.

  • Saya tidak mau mencuri

lalu hubungannya apa dengan poin ini? aplikasi free dan premium memiliki struktur kode yang berbeda. jika Kamu gunakan aplikasi non-ori maka sama saja Kamu mencuri source kode itu. bagaimana? masuk akal kan.

Ayo buat Kamu yang masih betah pakai aplikasi non-ori, mulai berhenti ya dari sekarang. percaya deh, ini buat kebaikan Kamu dan Smartphone Kamu juga. oke, sekarang coba mulai pakai aplikasi premium, tidak mahal kok. karena Saya sudah menggunakannya, dan banyak aplikasi premium yang Saya beli juga, dengan yang sekali beli atau berlangganan.

biar ada sedikit bukti, Saya sertakan deh screenshoot di bawah ini.

aplikasi original yang saya pakai

Gimana, sudah terbukti kan bahwa Saya juga mulai sekarang menggunakan aplikasi yang bukan non-ori.

ada sedikti tips nih buat Kamu juga yang memang tidak niat beli aplikasi versi pro nya atau memang hanya mau pakai aplikasi yang versi freenya saja, oke tidak masalah.

  • Unduh dari PlayStore

pastikan Kamu mengunduh aplikasi hanya dari PlayStore saja ya, karena semua aplikasi yang ada di PlayStore sudah dipastikan keamanannya dan pasti aman juga dong.

  • Hindari toko aplikasi yang tidak terpercaya

sekarang ini, banyak juga developer Android yang tidak memasukan aplikasinya ke PlayStore karena mungkin ada yang melanggar kebijakan atau tidak mematuhi hukum, seperti contohnya aplikasi snapt*be yang khusus digunakan untuk mendownload video dari Youtube, Facebook, dsb. tentu hal ini dilarang dan memang sudah melanggar kebijakan jadi, aplikasi tersebut tidak dapat ditemukan di PlayStore.

  • Jangan pakai aplikasi non-ori

nah, ini sudah dibahas juga sebelumnya dan pasti Kamu pun sudah paham, jadi stop ya gunakan aplikasi non-ori, oke.

  • Gunakan antivirus untuk Smartphone

ya, antivirus sekarang memang tidak khusus untuk PC saja, untuk Smartphone pun sudah ada, bahkan Saya pun menggunkan AVG Antivirus Pro dengan berlangganan setiap tahun. kenapa Saya gunakan antivirus untuk Smartphone walaupun itu tidak terlalu signifikan?

sudah pasti karena alasan keamanan juga dong, karena antivirus sekarang juga sudah dilengkapi berbagai fitur dan dilengkapi alat keamanan seperti anti-theft, pengunci aplikasi, dsb. ya setidaknya itu untuk antisipasi aja.

  • Selalu update software Smartphone

memperbaharui software Smartphone juga berpengaruh dan sangat penting. jadi ketika Smartphone Kamu menerima update keamanan atau update versi. segera saja diperbaharui.

Saya pun begitu, ketika pertama kali menggunakan Smartphone Nokia 5. OS yang Saya gunakan masih versi Nougat 7.0, kemudian pada saat itu juga memang sudah ada update untuk versi Oreo 8.0, tapi Saya abaikan dan tidak sengaja Saya membaca artikel di salah satu blog. bahwa terdapat banyak sekali peningkatan untuk Android versi Oreo ini, jelas dong Saya tertarik dan langsung saja update ke Oreo.

tapi eh tapi, di Oreo itu Saya merasakan bahwa performa Smartphone Android semakin baik dan lancar, tidak seperti di nougat. wah, kenapa tidak dari dulu ya Saya upgrade ke Oreo.

1 bulan Saya memakai os Oreo 8.0, sudah ada update lagi untuk versi Android Pie 9.0. wah luar biasa ya. Nokia 5 mendapatkan update lumayan cepat juga. dan tanpa menunggu lama, akhirnya Saya update lagi ke Android Pie 9.0. tapi harapan Saya yang Diawal tidak sesuai ekspektasi, Saya agak kecewa di Android versi 9.0 ini. karena Saya banyak menemukan masalah selama mengoperasikan beberapa aplikasi. mau tahu masalah apa saja. nantikan tulisan Saya selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *