loading...

Tulisan Saya tentang Covid-19

Tulisan Saya tentang Covid-19

SayaWRT.com – Belakangan ini Saya disibukkan dengan kegiatan kantor yang sangat padat, dan juga aktifitas yang tidak kurang. ditambah pikiran yang kemana-mana membuat Saya tidak fokus dengan kegiatan tulis-menulis dan ngeblog.

Kabar update terbaru sekarang ini tentang Covid-19 yang semakin menyebar di wilayah Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan banyak kebijakan dan keputusan yang berubah-ubah. entah atas dasar gawat darurat atau memang ini akan berkepanjangan, namun dampak dari ini semua tidak ringan. banyak instansi yang mengambil langkah yang bahkan sebelumnya tidak pernah mereka ambil.

Misalnya dengan meliburkan siswa secara nasional dan juga lockdown. tentu negara kita belum pernah lockdown sama sekali karena penyakit atau kejadian semacam ini. pernah terjadi flu burung dan flu babi. namun itu tidak menjadi masalah yang besar seperti sekarang. tidak pernah terpikirkan oleh kita, yang semula berpikir bahwa wabah itu mungkin akan segera mereda dan hilang dengan cepat. namun, kini sampai di Indonesia dengan singkat.

Wilayah Ibukota yang vital dan menjadi pusat pemerintahan Indonesia pun berdampak. apa dampaknya? banyak sekali, dengan meliburkan siswa, menutup perkantoran dan juga fasilitas umum. ini tentu sangat besar dan berdampak pada perekonomian yang besar. Saya tidak memiliki latar belakang ekonomi namun tentu sudah bisa menebak mana yang akan mengalami penurunan drastis. bahkan ketika wabah ini pertama kali muncul persediaan masker dan hand sanitizer sudah lenyap dipasaran, hingga ada saja yang menimbun untuk kemudian dijual dengan harga berkali-kali lipat.

sayawrt.com, sayawrt bicara covid-19,

Bagi warga yang bekerja di wilayah terdampak tentu ini akan menjadi situasi yang sulit dan juga menjadi resiko yang besar. apakah akan tetap bekerja dengan virus yang semakin menyebar atau bertahan di rumah dan bekerja dari jauh secara terkendali. itu sudah bukan menjadi tanggungan warga negara lagi, tetapi pemerintah sudah harus turun tangan dari awal dan sekarang sudah terjadi.

Yang menjadi sorotan utama dari virus ini adalah tingkat penyebaran yang begitu cepat dan dengan gejala yang samar terdeteksi karena hampir sama dengan demam biasa, seperti gejala batuk dan mual. ditambah dengan warga dilokasi terdampak yang sulit untuk dimobilisasi untuk tetap diam di rumah dan tidak melakukan kegiatan aktifitas dikeramaian dan kerumunan.

Bahkan banyak acara formal yang dibatalkan bahkan dibubarkan ketika acara sedang berjalan, seperti pernikahan, dan liga sepakbola dunia, dan di dunia pendidikan seperti Ujian Nasional pun dibatalkan gara-gara wabah virus ini. sehingga pantas saja jika ini disebut BNPB sebagai bencana nasional, dan kita sebagai warga negara harus ikut turut serta menyikapinya dengan bijak dan mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Harapan Saya sebagai pekerja yang juga terdampak, ingin segera wabah ini cepat menghilang dan tidak akan pernah kembali lagi. karena dengan virus ini yang begitu kecil. manusia sudah dibuat kewalahan olehnya. bahkan dengan munculnya virus ini ada yang mengatakan bahwa inilah tanda akhir dari kehidupan di dunia yang kemudian akan disusul yang lain, naudzubillah.

Karena walaupun lokasi Saya jauh dari daerah terdampak, namun kedisiplinan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan diri wajib dilakukan. bahkan disarankan untuk melakukan penyemprotan desinfektan untuk menghindari dan mencegah virus ini. namun, kita semua serahkan semua ini kepada tuhan yang maha esa. karena tuhanlah yang bisa mengangkat wabah ini dari buminya. artinya kita harus selalu berusaha dan berdoa dengan adanya wabah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *